top of page

ASAL USUL KALIMAT TALBIYAH DALAM IBADAH HAJI & UMRAH













Penting bagi umat muslim untuk mengetahui asal-usul kalimat Talbiyah dalam ibadah Haji atau umrah. Talbiyah adalah doa yang dilantunkan orang yang sedang melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Kalimat Talbiyah ini sudah sangat sering kita dengar apalagi saat musim Haji di bulan Dzulhijjah. "Labbaika, Allahumma Labbaika....." Kalimat ini mengandung arti pujian kepada Allah SWT dan pengakuan hamba terhadap seluruh nikmat dan kekuasan-Nya.

Asal Usul Kalimat Talbiyah

Asal-usul kalimat Talbiyah bermula dari kisah Nabi Ibrahim AS saat proses pembangunan Ka'bah. Allah SWT memerintahkan beliau menyeru umat manusia untuk mengerjakan ibadah haji ke Tanah Suci. Sebagaimana yang tercantum dalam firman-Nya:

وَاَذِّنۡ فِى النَّاسِ بِالۡحَجِّ يَاۡتُوۡكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّاۡتِيۡنَ مِنۡ كُلِّ فَجٍّ عَمِيۡقٍ

Artinya: "Dan berserulah kepada umat manusia untuk (mengerjakan) ibadah haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki atau dengan mengendarai unta kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh." (QS Al-Hajj ayat 27)

Ibnu 'Abbas dari Jubair menjelaskan bahwa tatkala Nabi Ibrahim AS selesai membangun Ka'bah, Allah SWT memerintahkan kepadanya, "Serulah umat manusia untuk melaksanakan haji." Nabi Ibrahim AS menjawab, "Ya Tuhanku, apakah suaraku akan sampai ke telinga mereka?" Allah SWT berfirman: "Serulah mereka, Aku akan menyampaikannya." Maka Nabi Ibrahim AS naik ke atas bukit Abu Qubais, lalu mengucapkan dengan lantang, "Wahai umat manusia, sesungguhnya Allah SWT benar-benar telah memerintahkan kalian untuk mengunjungi rumah ini, supaya Dia memberikan kepadamu surga dan melindungi kamu dari azab api neraka, karena itu tunaikanlah olehmu ibadah haji itu."

Maka suara itu disambut oleh orang-orang yang berada dalam tulang sulbi laki-laki dan yang berada dalam rahim perempuan dengan jawaban, "Labbaika, Allahumma labbaika...".

Dari Abi Hurairah RA ia berkata, Rasulullah SAW sedang berkhutbah di hadapan kami, beliau berkata, "Wahai umat manusia, Allah SWT telah mewajibkan atasmu ibadah haji, maka tunaikanlah." (HR Ahmad)

Dalam Riwayat lain, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seorang muslim melantunkan Talbiyah, kecuali ikut bertalbiyah juga di kanan kirinya, mulai dari bebatuan, pepohonan dan seluruh makhluk yang bernyawa, hingga berbagai belahan di sini dan di sini (maksudnya di kanan dan kiri)." (HR Tirmizi dan Ibnu Khuzaimah)

Lafaz Talbiyah Beserta Artinya

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni'mata, laka wal mulk laa syarika lak.

Artinya: "Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kekuasaan hanaylah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."


Untuk info lebih lanjut mengenai umroh silahkan hubungi :

Penulis : Abi Agridzira Awwal Assiva (PT. Hisar Global Indonesia Wilayah Sumatera)

Whatsapp : 0812-6512-2992 / 0811-6813-222


14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page