top of page

KENAPA SIH KITA MESTI UMROH ?

Diperbarui: 5 Jul




KENAPA SIH KITA MESTI UMROH ?

Banyak orang yang berasumsi bahwa pergi ke Tanah Suci adalah hal yang diwajibkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dan punya pemahaman agama yang cukup. Namun sebenarnya perintah untuk menunaikan ibadah umroh adalah sebuah hal yang wajib untuk dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah memiliki kemampuan baik secara fisik maupun finansial. Lalu kenapa sih kita harus melaksanakan ibadah umroh? Untuk itu kita akan membahas mengenai alasan mengapa muslim harus pergi ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umroh.


1. Menghapus Dosa

Ibadah umroh dapat menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya itu akan menghapus dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (H.R Bukhari, no.1773 dan Muslim no.1349).

Berdasarkan hadits di atas kita memahami bahwa dengan melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci, dosa-dosa kita dapat diampuni oleh Allah SWT. Karena itulah, jika kita memiliki kemampuan secara fisik dan finansial, sebaiknya tidak menunda-nunda untuk melaksanakan ibadah umroh ini.


2. Umroh Merupakan Jihad

Hal lain yang menjadi alasan mengapa kita harus umroh adalah karena umroh merupakan jihad. Wanita tidak memiliki kebebasan seperti halnya kaum pria untuk berjihad di medan perang. Karena itulah, salah satu bentuk jihad yang dapat dilakukan oleh para muslimah adalah dengan melaksanakan ibadah umroh. Dengan melaksanakan ibadah umroh, wanita dapat mendapatkan pahala seperti berperang di medan pertempuran. Apabila pada saat melaksanakan umroh dan ternyata dia wafat, maka kematiannya pun akan diganjar Allah dengan pahala yang sama dengan mati syahid.

Hal ini senada dengan hadist “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh,” (HR. Ibnu Majah).


3. Membuka Pintu Rezeki

Jika kita benar-benar melaksanakan ibadah umroh hanya karena mengharap ridho dari Allah SWT, maka niscaya Allah SWT akan melapangkan pintu rezeki untuk kita. Allah akan melapangan rezeki hamba-Nya yang menunaikan ibadah umroh karena melihat semangat berkorban hamba-Nya yang telah mengeluarkan harta, jiwa, dan waktunya untuk menunaiakan panggilan-Nya.


4. Menghapus Kemiskinan

Umroh dapat menghapus kemiskinan dari diri seorang hamba. Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi SAW, “Ikutilah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi dan perak. Sementara itu, tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai).

Berdasarkan hadist tersebut, Rasul menuntunkan pada umatnya untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh karena kedua ibadah tersebut dapat menghapus kemiskinan dan menjadi penggugur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya. Karena itulah, kita harus menyegerakan diri menyambut panggilan Allah untuk berumroh ke Tanah Suci.


5. Diijabah Doa-Doanya oleh Allah SWT

Terdapat beberapa tempat di Tanah Suci yang mustajab untuk memanjatkan segala permohonan dan doa pada Allah SWT. Di tempat- tempat mustajab atau tempat yang sangat potensial untuk terkabulnya doa antara lain di Multazam (antara hajar aswad dan ujung pintu Ka’bah), di Mekkah, dan dalam prosesi tawaf dan sa’i, para jamaah umroh dapat memanjatkan doa pada Allah SWT.


Editor : Abi Muzaky Dimyati

Whatsapp : 081265122992

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page