top of page

Keutamaan Kota Madinah


Kota Madinah adalah kota yang dirindukan oleh seluruh kaum muslimin. Kota yang selalu memberikan kenyamanan, sebagaimana yang dirasakan oleh para jamaah haji dan umroh tatkala berada di kota Madinah:

1. Masjid Nabawi

Keutamaan Masjid Nabawi

1. Pahala shalat 1000 kali lipat.

2. Terdapat sebagian taman surga padanya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Tempat yang ada di antara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) di antara taman-taman surga”. (HR Bukhari)

3. Belajar maupun mengajar di dalamnya bagaikan jihad di jalan Allah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya : “Siapapun yang masuk masjid kami ini untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka ia seperti orang yang berperang di jalan Allah”. (HR Ahmad)

2. Raudhoh

Makna dari Raudhoh adalah taman surga. Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan bahwa pendapat ulama tersimpulkan pada tiga pendapat, yaitu :

Pertama : Tempat ini mirip seperti taman-taman di surga dari sisi orang yang duduk dan beribadah di situ akan merasakan ketenangan seperti tenang dan tentramnya di dalam surga Kedua : Ibadah di tempat ini merupakan sebab untuk masuk surga Ketiga : Tempat ini akan diangkat dan dipindahkan ke surga.

Beberapa etika bagi orang yang hendak beribadah di Raudhoh

  1. Hendaknya masuk ke Raudhoh dengan mengantri tanpa menyakiti dan mengganggu orang lain.

  2. Jika masuk ke Raudhoh di waktu-waktu terlarang untuk sholat sunnah, maka hendaknya jangan shalat sunnah, akan tetapi beribadah kepada Allah dengan ibadah-ibadah yang lain seperti dzikir, berdoa dan membaca al-Qur’an

  3. Ke Raudhoh hukumnya adalah sunnah dan tidak wajib. Jika seseorang dimudahkan untuk ke Raudhoh maka beruntunglah dia, akan tetapi jika ternyata ia tidak berkesempatan untuk ke raudhoh maka tidak mengapa , tidak ada dosa sama sekali baginya, dan tidak mengurangi kemuliaan haji/ umrohnya sama sekali.

3. Kuburan Nabi

Ziarah kubur secara umum adalah sunah (dianjurkan) dengan tujuan untuk mengingat akhirat dan kematian, serta untuk mendoakan penghuni kubur. Keumuman hukum ziarah kubur ini juga berlaku untuk ziarah kubur Nabi.

4. Pemakaman Baqi’

Al-Baqii’ adalah tempat pemakaman bagi penduduk kota Madinah sejak zaman Nabi SAW hingga sekarang. Dikenal juga dengan Baqii’ al-Ghorqod, karena dahulu di situ terdapat banyak pohon al-Ghorqod yaitu pohon yang banyak durinya dan sedikit daunnya.

Orang yang dikuburkan di Baqii’ mendapatkan anugerah, karena pada umumnya ia dishalatkan di masjid Nabawi, dan tentu yang menyolatkan sangatkah banyak, dan juga setelah dikuburkan di al-Baqii’ akan datang banyak jamaah haji dan umroh yang menziarahi pekuburan al-Baqii’ dan mendoakan penghuninya.


Editor : Abi Muzaky Dimyati

Whatsapp : 081265122992


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page