top of page

MENGENAL BAITUL ATIQ (KA’BAH)


ka’bah adalah bangunan berbentuk persegi empat/kubus yang menjadi pusat ibadah seluruh umat Islam di dunia. Ka’bah juga diketahui sebagai bangunan tertua yang pertama kali didirikan atas wujud kemuliaan dan keberkahan. Dari sana, dapat dimaknai bahwa Ka’bah merupakan kesatuan arah kiblat umat Islam dalam menyembah dan mengesakan Allah Swt. Oleh sebab itu, Ka’bah kemudian dikenal dengan sebutan Baitullah (rumah Allah) dan al-bait al-atiq (bangunan tertua).

Ka’bah Al-Muazzamah yang merupakan pusat dari muka bumi sejajar dengan Baitul Ma’mur yang merupakan tempat para malaikat berkunjung dan bertawaf dilangit. Bahkan, apabila ditarik garis lurus dari Baitul ma’mur, garis tersebut akan tepat mengenai bagian tengah Ka’bah Al-Muazzamah. (Asrarul Manasikil Hajj) adapun nama-nama Ka’bah Al-Muazzamah didalam alqur’an sebagai berikut ; Al-Ka’bah, Al-Bait, Kiblat, Al-Baitul Haram, Al-Baitul Atiq.

Ka’bah al-muazzamah memiliki nama yang berbeda-beda di masing-masing sudutnya; sudut timur dinamakan Rukun Hajar Aswad, sudut utara dinamakan Rukun Iraqi, sudut barat dinamakan Rukun Syami dan sudut selatan dinamakan Rukun Yamani. Adapun bagian-bagian penting ka’bah Al-Muazzamah adalah sebagai berikut ;

  1. Multazam dan Pintu Ka’bah

Multazam berasal dari kata Iltizam yang secara bahasa berarti berpegang erat, memeluk dengan erat, sedangkan multazam sendiri berarti tempat yang dipeluk dengan erat. Dalam sebuah hadits syraif disebutkan bahwasannya doa yang dipanjatkan di multazam akan dikabulkan oleh allah swt, oleh karena itu multazam adalah salah satu dari tempat-tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

  1. Hajar aswad

Hajar aswad adalah batu yakut mulia yang allah turunkan dari surga bersamaan dengan turunnya Nabi Adam AS dan istrinya. Batu tersebut berwarna hitam mengkilat berukuran 18-19 cm yang terletak dipojok ka’bah dan menjadi tanda permulaan tawaf.

  1. Hatim dan Hijir ismail

Hatim adalah sebuah tembok setengah lingkaran setinggi 1,25 m dan tebalnya 1,5 m dibawah talang emas. Sedangkan tempat dilakukannya tawaf dilakukan diluar dinding hatim. Adapun jarak antara dinding hatim dan bangunan ka’bah dinamakan hijir ka’bah/hijir ismail dan diarea tersebut (hijir ismail dan bagian dalam dinding hatim) juga termasuk bangunan dari ka’bah al-muazzamah. Dalam sebuah riwayat mengatakan bahwa diarea tersebut terdapat makam Nabi Ismail AS dan Siti Hajar.

  1. Mizabul ka’bah (Talang emas)

Talang emas adalah sebuah talang air yang berlapis emas untuk mengalirkan air hujan, terletak ditengah bagian atas dinding ka’bah yang menghadap ke hatim. Diriwayatkan dari salafush shalihin bahwasannya diarea tersebut (didalam area hatim dibawah talang emas) adalah salah satu tempat paling mustajab, sampai-sampai para aulia allah memilih tempat untuk berdoa dan beribadah disana.


Untuk info lebih lanjut hubungi

Nama : Thaha Mishbahul Aziz

No Telepon : 088214404557

Ket: Hisar Global Office (Jawa Tengah)


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page