top of page

Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah


Bulan Dzulhijjah memang memiliki keutamaan yang luar biasa karena allah memberikan predikat khusus dibulan ini yaitu (ashurul haram) didalamnya kita dianjuran untuk memperbanyak melakukan amal sholeh dengan berdzikir Salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi kita semua, dan sangat bertepatan dengan momentum saat ini adalah menunaikan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah.


Puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan dua puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Dzulhijah saat ini. Dua puasa ini sangat dianjurkan dalam Islam, karena Rasulullah selalu melakukannya dan memiliki faedah sangat besar, yaitu diampuninya dosa-dosa oleh Allah. Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah bersabda


 صَوْمُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ كَفَّارَةُ سَنَةٍ وَصَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ


Artinya: “Puasa hari Tarwiyah bisa menghapus dosa setahun. Sedangkan puasa hari Arafah bisa menghapus dosa dua tahun.” (HR Ibnu Abbas dan Ibnun Najjar dalam Jam’ul Jawami’).


Anjuran puasa Tarwiyah dan Arafah pada bulan ini tidak lain selain karena banyaknya pahala yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang mengerjakan ibadah, bahkan Allah sangat senang ketika ada hamba-Nya yang mengerjakan perbuatan-perbuatan baik pada hari tersebut.


Sahabat Hisar berikut  lafadz niat puasa Tarwiyah dan arafah Niat Puasa Tarwiyah


نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى


Artinya, “Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’âlâ. Niat Puasa Arafah


نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى 


Artinya, “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’âlâ.”

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page