top of page

UMROH ITU REZEKI


Alhamdulilah bulan Maret 2023 kemarin saya baru melaksanakan ibadah Umroh yang ketiga saya sebagai ketua grup. Yang mana alhamdulilah itu merupakan rezeki bagi saya untuk yang kesekian kalinya.


Orang jarang mengetahui bahwa Umroh itu ternyata rezeki, kenapa bisa? Saya melihat pengalaman saya ketika melaksanakan ibadah Umroh kedua bersama Ibu saya. Waktu itu saya agak memaksa untuk memberangkatkan Umroh Ibu saya, karena keadaan ekonomi keluarga saya sedang sulit. Apalagi kami berdua ikut program Umroh Plus Turki yang biayanya sangat tinggi bagi saya, sampai sepulang Umroh uang bekal saya habis tidak ada yang tersisa. Tapi ternyata alhamdulilah beberapa bulan setelah itu saya mendapatkan rezeki terbesar bagi saya dari Allah Swt. Kemudian belum lama ini ada kisah nyata yang viral di media sosial, seorang Ibu di daerah Jawa Barat menekatkan diri berangkat Umroh meski rumahnya rusak berat. Dan tidak tanggung-tanggung demi bisa mewujudkan impian untuk berangkat Umroh, Ibu tersebut bahkan rela menguras semua tabungan miliknya. Tapi tidak ada yang menyangka sepulang menjalankan ibadah Umroh, alhamdulilah justru Ibu tersebut bisa membuat rumahnya menjadi istana yang megah.


Disini saya ingin menggarisbawahi bukan kita berangkat Umroh untuk rezeki, tapi kalau kita berangkat umroh fadhilah dan dampaknya adalah rezeki. Kenapa bisa rezeki? Disini saya ingin lebih meyakinkan kepada yang mungkin masih ragu-ragu atau tidak pernah berniat untuk Umroh. Kalau kita mengorbankan uang kita misalkan dalam bersedekah, maka Allah akan luaskan uang kita. Dan kalau kita meluangkan waktu kita misalkan dalam shalat dhuha maka Allah akan lapangkan waktu kita. Alhamdulilah dalam Umroh ini luar biasa ada keduanya, kita korbankan uang kita dan juga kita luangkan waktu kita. Jadi pengorbanan kita ada dua uang dan waktu. Uangnya berapa? Uang yang kita keluarkan untuk bersedekah mungkin hanya ratusan ribu atau jutaan rupiah saja, tapi uang yang kita keluarkan untuk berangkat Umroh minimal sekarang sekitar 30 jutaan yang mana itu belum dengan uang bekal dan yang lainnya. Pertama kita mengorbankan uang dengan jumlah yang sangat besar. Kedua yang bekerja sebagai pengusaha, karyawan atau PNS meluangkan waktunya sampai berminggu-minggu, dan itu bukan hal yang mudah. Misalkan seorang pengusaha ketika berangkat Umroh harus meninggalkan bisnisnya, yang mana kalau dia pegang bisa menghasilkan sekian dan kalau dia tinggalkan bisa kehilangan sekian. Jadi uang yang dikorbankan berpuluh-puluh juta dan waktu yang diluangkan sampai berminggu-minggu. Karena pengorbankan yang luar biasa ini efeknya malah Allah meluaskan rezeki kita dan melapangkan waktu kita. Kalau masih kurang yakin, silahkan kita tanyakan sendiri kepada semua anggota keluarga atau kerabat kita yang sudah pernah berangkat Umroh insyaAllah rezekinya malah membaik. Padahal kita keluarkan uang untuk berangkat Umroh, tapi efeknya alhamdulilah memudahkan rezeki kita. Dan rezeki disana tentunya bukan hanya uang saja, tapi ada pelipat gandaan pahala, keberkahan, kesehatan dan yang lainnya.

Rezeki sendiri adalah anugerah yang Allah Swt berikan kepada setiap hambaNya untuk menjalankankan kehidupannya dengan baik. Dan insyaAllah dengan kita berangkat Umroh pintu rezeki kita selalu terbuka seperti yang sudah saya ceritakan di atas.


Rasulullah Saw pernah bersabda dalam salah satu Haditsnya yang dikutip dari Abdullah bin Mas’ud ra ; تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ , “Sertakan Umroh kepada haji, karena keduanya bisa menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak.” (HR. An-Nasai).


Dalam spirit hadits ini para Ulama dengan jelas menarik kesimpulan bahwa Bismillah ibadah Umroh merupakan salah satu pintu untuk membuka rezeki kita semua.

Wallahu a’lam bisshowab.


Untuk info lebih lanjut mengenai umroh silahkan hubungi :

Penulis : Abi Muzaki Alfauzi Dimyati (Koordinator PT. Hisar Global Indonesia Wilayah Sumatera)

Whatsapp : 0812-6512-2992 / 0811-6813-222


445 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page