top of page

Istimewanya Bulan Muharam

Muharam adalah salah satu bulan yang dimuliakan dalam islam. Dalam kalender hijriah, ada empat bulan yang termasuk bulan-bulan dimuliakan (al asyhurul hurum) yaitu dzulqa'dah, dzulhijjah, muharram, dan rajab. Khusus bulan haram tersebut maka dilarang berperang dan melakukan kedzaliman.


Sesungguhnya bilangan bulan menurut allah ialah dua belas bulan pada ketetapan allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya allah beserta orang-orang yang bertakwa." (surah at taubah: 36)


Disamping itu allah telah memberi pengkhususan empat bulan haram dari 12 bulan yang telah menjadikannya mulia dan istimewa, perbuatan dosa dan perbuatan baik akan dilipatgandakan balasannya.


Keutamaan bulan muharam juga disebutkan nabi muhammad saw yang bersabda: “sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: dzul qo’dah, dzulhijjah, dan muharram, kemudian bulan rajab antara jumadi tsani dan sya’ban.” (hr. Al bukhari dan muslim)


Makna Keutamaan Muharam


Dengan berbagai keutamaan yang dimiliki bulan muharam maka setiap umat islam harus memanfaatkannya dengan baik. Bulan tersebut dapat dijadikan jalan untuk mendulang pahala kebaikan melalui perbuatan yang bernilai shalih.


Setiap amal shalih akan dilipatgandakan ganjarannya, begitu pula jika melakukan kemaksiatan.


Amalan yang bisa dikerjakan adalah memperbanyak puasa di bulan muharam. Secara khusus, ada amalan yang ada di bulan ini yaitu puasa hari asyura yang dilaksanakan pada 10 muharam. Keutamaan melaksanakan puasa asyura akan diampuni dosa setahun lalu, seperti diterangkan nabi muhammad dalam sebuah hadits:


"nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa arafah? Beliau menjawab, ”puasa arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’asyura? Beliau menjawab, ”puasa ’asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(hr. Muslim no. 1162).


Meski puasa asyura dilaksanakan 10 muharam, tapi nabi muhammad juga menyunnahkan untuk melakukan puasa tasu'a pada 9 muharam. Puasa ini dikerjakan untuk menyelisihi yahudi yang juga mengagungkan tanggal tersebut. Namun, dalam praktiknya puasa asyura bisa dikerjakan pada 10 muharam saja, atau 9-10 muharam.


Selain puasa asyuro dapat pula melakukan puasa sunnah lain yang mengiringi seperti puasa senin-kamis atau puasa ayyamul bidh. Amalan sunnah lainnya juga bisa dilakukan seperti shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajud, sedekah, dan sebagai yang bisa digunakan sebagai jalan memperoleh keutamaan kebaikan di bulan muharam.


Sahabat hisar mari senantiasa memanfaatkan bulan ini dengan beramal sholeh karena sejatinya seorang muslim yang mulia adalah mereka yang tidak mau menyia-nyiakan momen dan keistimewaan yang diberikan oleh allah swt. Mari kita jadikan momen bulan mulia ini untu berlomba dalam kebaikan. Semoga sahabat hisar diberi kemudahan dalam istiqomah untuk beribadah dibulan mulia Muharram.


Nama : Bobby Ahmad Habibi

Hisar Global Digital Marketing


11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page