top of page

KEUTAMAAN IBADAH UMROH




Sebagai umat Islam, tentunya kita memiliki sejumlah kewajiban yang harus dijalankan, salah satunya adalah haji. Namun, pelaksanaan haji dibatasi oleh waktu, materi, dan kemauan jumlah jamaah yang dapat melakukannya pada waktu tertentu sehingga banyak umat Islam yang belum melaksanakannya.

Sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan ibadah umroh yang dianggap sebagai ibadah sunnah. Meski tergolong sunnah, namun ada sejumlah keutamaan ibadah umroh yang sangat baik bila dilakukan. Apa saja Keutamaan Ibadah Umroh? Berikut penjelasannya.


KEUTAMAAN IBADAH UMROH

1. MENGHAPUS DOSA

Keutamaan ibadah umroh yang pertama adalah menghapus dosa. Jika seseorang telah melakukan umroh sebelumnya, kemudian melakukan umroh di tahun berikutnya, dosa-dosanya di antara dua waktu umroh tersebut akan dihapuskan.


2. MENDAPATKAN KETENANGAN HATI

Dengan berdoa saat umroh, hati akan terasa tenang dan hidup akan lebih tentram. Keutamaan umroh ini memberikan bentuk kekayaan dalam hati, sehingga menjadi lebih sabar dan menambah keimanan bagi siapa saja yang melaksanakannya.


3. MEMPEROLEH PAHALA SHOLAT BERLIPAT GANDA

Jika pada umumnya mengerjakan shalat hanya mendapatkan pahala 1 dan 27 derajat saat berjamaah, saat umroh, pahala sholat berlipat ganda. Keistimewaan umroh membuat pahala shalat bisa menjadi 1000 kali bahkan 100.000 kali lipat loh. Kebayang kan keutamaan umroh yang luar biasa ini?


4. MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA

Keistimewaan umroh lainnya adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Dengan menunaikan umroh, berarti ia berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaannya untuk meningkatkan ibadah dan perilakunya.


5. MEDIA JIHAD UNTUK WANITA

Sebagaimana kita ketahui, jihad adalah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan yang besar sehingga pahala yang dijanjikan adalah surga. Dahulu, jihad ditandai dengan ikut berperang membela Islam dan ini lebih sulit dilakukan oleh kaum perempuan. Sehingga Allah memberikan alternatif bagi wanita untuk berjihad dengan menunaikan haji atau umroh.


6. DOA AKAN DIKABULKAN

Keutamaan lain dari umroh adalah menjadikan doa terkabul. Orang yang melakukan umroh adalah tamu Allah sehingga mereka memiliki keistimewaan untuk dikabulkan doanya. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang memuat barang siapa yang meminta ampun dan memohon kepada Allah, pasti akan dikabulkan.


7. MEMPEROLEH KEBERKAHAN

Ibadah umroh dapat memberikan keberkahan bagi siapa saja yang menjalankannya. Jika umroh dilakukan dengan hati yang ikhlas dan dilakukan dengan khusyuk, maka bisa menjadi ibadah yang sah atau diterima. Ketika Umroh diterima, hidup akan dipenuhi dengan keberkahan dan menjadi lebih baik.


8. SURGA YANG DIJANJIKAN

Barang siapa yang menunaikan umroh dengan hati yang ikhlas dan mengikuti tata cara yang benar maka akan mendapat pahala yang besar dan mendapatkan pahala surga.

9. DIJAUHKAN DARI KEMISKINAN


Setiap manusia ingin memiliki kehidupan yang cukup dan sejahtera. Allah memberikan salah satu keistimewaan umroh dengan menjauhkan siapa saja yang menunaikan umroh dari kemiskinan. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang menyatakan bahwa barang siapa yang melakukan umroh akan menghapus kemiskinan serta dosa-dosa yang telah dilakukan.


10. MENINGGAL SAAT UMROH, PAHALANYA AKAN DICATAT SAMPAI HARI KIAMAT

Terakhir, jika seseorang meninggal dalam umroh, pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat. Keutamaan umroh dapat diberikan ketika seseorang memiliki kekhidmatan dan menjalankan tata cara dan rukun umroh dengan benar.

Itulah macam-macam keutamaan umroh dan penjelasannya. Jika Anda sedang menunggu waktu untuk menunaikan ibadah haji, lebih baik melakukan umroh pada periode yang tidak terbatas seperti haji. Dalam melaksanakan umroh kita harus memperhatikan syarat dan tata cara umroh agar ibadah umroh kita sah atau diterima.


Untuk info lebih lanjut mengenai umroh silahkan hubungi :

Penulis : Abi Muzaky Dimyati (PT. Hisar Global Indonesia Wilayah Sumatera)

Whatsapp : 0812-6512-2992 / 0811-6813-222

judul : Ziarah Mekkah Madinah

9 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page