top of page

MOMEN PENGGANTIAN KISWAH KA’BAH MUAZZAMAH DI TAHUN BARU HIJRIAH 1445

Ada yang berbeda pada pergantian Kiswah Ka’bah di tahun baru Hijriah 1445, karena penggantian yang pada tahun-tahun lalu biasanya dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu pada saat para Jamaah Haji sedang Wukuf Di Arafah untuk menyempurnakan prosesi Ibadah Haji Mereka.

Pada tahun ini Penggantian Kiswah atau Cover Hitam Berukirkan Kaligrafi dan ornamen Emas di permukaannya yang menyelimuti bangunan utama Ka’bah Muazzamah dilakukan tepat di tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah.

Kata ‘Kiswah’ sendiri dalam bahasa Arab bermakna “Selubung” (Kain yang dikenakan pada tempat penyimpanan seperti Peti atau tabung) semakna dengan Kata ‘Kusui’ dari serapan Bahasa Ibrani. Kain yang memiliki Luas total 658 m2 dan terbuat dari Sutra dengan Bobot 670 Kg diukirkan Ornamen dan Kaligrafi di permukaannya yang dibuat dengan benang emas seberat 15 Kg. Kiswah memiliki 47 bagian Kain yang mesing-masing bagiannya memiliki panjang 14 m 2 dan lebar 101 m2.

Setelah semua bagian-bagian Kain Kiswah disatukan maka akan terbentuk selubung Kain berbentuk Kubus yang dipasang mengitari Ka’bah dan direkatkan ke Lantai bagian dasar Masjidil Haram menggunakan cincin tembaga. Dengan bantuan kemajuan Tekhnologi jahitan Kaligrafi dan Ornamen Kiswah yang biasanya di proses secara Manual kini dibantu oleh Komputerisasi yang mengakibatkan masa pembuatan Kain Kiswah menjadi lebih cepat.

Proses penggantian Kiswah pada Tahun ini menjadi lebih meriah sebab yang biasanya waktu pergantian tidak terlalu banyak Jamaah Haji yang bisa menyaksikan karena mereka harus menyelesaikan Ibadah Haji Mereka di Arafah dan melanjutkan Mabit mereka ke Muzdhalifah.

Namun Tahun ini serasa spesial karena para jamaah Haji yang belum kembali ke Negaranya pada 1 Muharram 1445 bisa menyaksikan secara langsung Prosesi penggantian Kain yang proses Pembuatannya di taksir mencapai 25 Juta Riyal setara dengan $ 6,5 Juta Dollar USD yang bila di Rupiahkan biaya Penggantian Kiswah ini dapat mencapai Rp 100 Milyar Rupiah.

Bagaimana dengan nasib Kiswah lama yang digantikan dan diturunkan dari Ka’bah Muazzamah ?

Untuk memanfaatkan Kiswah Lama yang telah diturunkan dari Ka’bah muazzamah otoritas Kerajaan biasanya akan memotongnya kecil-kecil dan di taruh dalam bingkai ekslusif untuk dibagikan sebagai Souvenir Haji atau Souvenir kunjungan kepada beberapa orang seperti pejabat Muslim Asing yang berkunjung atau Organisasi Muslim Internasional yang diundang atau berkunjung ke Kerajaan.

Adat di atas merupakan Kebiasaan yang diturunkan dari Para Khulafaur Rasyidin khususnya Hz. Ummar bin Khattab Ra. pada saat menjabat sebagai Khalifah beliau kerap membagikan potongan-potongan Kiswah lama yang telah diturunkan dari Ka’bah Muazzamah untuk dibagikan kepada para Musafir atau Jamaah Haji sebagai alat pelindung dari panasnya suhu Kota Mekkah Mukarromah.

Setelah penggantian Kiswah Ka’bah Muazzamah akan ada Jadwal pencucian Ka’bah Muazzamah Untuk menyambut Musim Baru Umroh pada tahun ini. Adapun jadwal pencucian Ka’bah diinfokan tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu pada tanggal 15 Muharram.

Semua jadwal pergantian Kiswah dan pencucian Ka’bah ini ditentukan langsung oleh Raja Salman sebagai pemegang otoritas tertinggi di Saudi Arabia.


Agung Budi Setiyono,

Koordinator Wilayah Jawa Timur PT. Hisar Global Indonesia

Judul : MOMEN PENGGANTIAN KISWAH KA’BAH MUAZZAMAH DI TAHUN BARU HIJRIAH 1445



147 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page