top of page

Persiapan Obat-Obatan Sebelum Melakukan Ibadah Haji dan Umroh


Haji dan Umroh merupakan perjalanan mengunjungi Baitullah (Kakbah) yang terletak di Makkah Al-Mukarramah untuk melaksanakan serangkaian ibadah kepada Allah SWT. Perjalanan haji dan umroh merupakan perjalanan yang amat dinanti-nantikan oleh segenap umat Islam di seluruh dunia. Persiapan yang matang dalam segala aspek pun perlu dilakukan demi kelancaran beribadah; mulai dari persiapan fisik, mental, fiqh haji dan umroh, pakaian, akomodasi, hingga persiapan vitamin dan obat-obatan.


Perbedaan suhu yang ekstrem antara Indonesia dan Arab Saudi, perubahan pola makan dan minum, serta pola aktivitas pada jamaah haji dan umroh dapat menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karenanya, persiapan obat-obatan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.


Berikut merupakan beberapa jenis vitamin dan obat-obatan yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan haji dan umroh, diantaranya:


1. Obat anti nyeri: yaitu obat-obatan yang digunakan untuk meredakan nyeri, contoh obat-obatan anti nyeri adalah ibu profen, asam mefenamat, dan paracetamol.

2.Obat untuk gangguan pencernaan : seperti anti diare dan obat untuk penyakit maag

3.Obat anti alergi: merupakan obat-obatan yang digunakan jika terjadi reaksi alergi, contoh: cetirizine.

4.Obat luka seperti betadine dan hansaplast

5.Obat pribadi: yaitu obat-obatan yang dikonsumsi secara rutin oleh jamaah karena kondisi kesehatan tertentu; seperti obat untuk penyakit diabetes mellitus, obat tekanan darah tinggi, obat-obatan untuk penyakit jantung, atau kondisi medis lainnya yang mengharuskan untuk mengonsumsi obat-obatan rutin.

6.Vitamin C: vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan fungsi sel darah putih dan memperkuat pertahanan sel epitel kulit. Selain itu vitamin C juga berperan sebagai anti-oksidan yang mmenjaga kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

7.Vitamin B kompleks: vitamin B memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin B dapat membantu pembentukan sel darah merah dan juga dapat meningkatkan kesehatan saraf, serta dapat membantu efisiensi konversi zat makanan menjadi energi dan membantu enzim tubuh agar dapat bekerja dengan baik.

12 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page