top of page

MENGENAL SEJARAH MASJID NABAWI DI KOTA MADINAH AL-MUNAWWARAH

Kecintaan seorang kekasih terhadap seseorang yang dikasihi dapat ditandakan dengan seberapa besar pengetahuan orang yang dicintai tersebut. Kita selaku umat nabi Muhammad SAW tentu memiliki rasa yang sangat besar untuk mengetahui sejarah salah satu masjid yang di buat oleh baginda Rasulullah SAW. Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah merupakan salah satu masjid yang Rasulullah SAW dirikan untuk mendakwahkan islam di alam dunia ini. Hari ini kita ketahui bahwa makam Rasulullah SAW berada di dalam masjid tersebut.

Ketika beliau sudah selesai berhijrah dari kota Makkah ke kota Madinah, beliau menentukan pembangunan masjid tersebut dengan cara melihat bagaimana unta yang beliau pakai untuk berhijrah berhenti. Lokasi pemberhentiannya pun terletak pada tempat penjemuran buah kurma yang dimiliki oleh dua anak yatim yaitu Sahl dan Suhail bin Amr yang mana kemudian tanah tersebut dibeli oleh baginda Rasulullah SAW. Pada mulanya bangunan masjid tersebut hanya memiliki ukuran 50 meter kubik yang mana kemudian terus diperlebar hingga hari ini.

Rasulullah SAW membangun tempat tinggal di sebelah masjid Nabawi tersebut yang hari ini masuk ke dalam bagian masjid. Terdapat riwayat dari Rasulullah SAW, bahwa beliau bersabda,

مَا بَيْنَ بَيْتِى وَمِنْبَرِى رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ (المعجم الأوسط للطبراني، 2/120)

"Di antara rumahku dan mimbarku terdapat taman (raudhah) di antara taman surga."

Terdapatnya rumah beliau menjadikan masjid ini sebuah masjid yang memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, terutama bagi mereka yang sudah pernah berziyarah kesana rasanya kan selalu merindukan yang dicintai baginda Rasulullah SAW. Perasaan tenang nan damai dapat dirasakan Ketika berada didalam masjid, suasana akan khidmahnya ibadah menjadikan atmosfir tersendiri yang dimiliki oleh masjid Nabawi tersebut yang berada di kota Madinah Al Munawwarah.

Masjid yang setiap waktu sholat dipenuhi oleh umat muslim yang datang dari seluruh penjuru dunia ini memiliki keutamaan lain yaitu, Dari sahabat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:


صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَاَ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ


Artinya: “Salat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari pada 1000 salat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram.” (HR Bukhari dan Muslim)

Penulis : Abi Abdullah

No Telp : 081294816647

Asrama : Semarang Al-Muhacirin Sulaimaniyah, Jawa Tengah

Judul : MENGENAL SEJARAH MASJID NABAWI DI KOTA MADINAH AL-MUNAWWARAH


32 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page