top of page

Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpergian Umroh

Diperbarui: 8 Jul 2023


Sumber foto : Abi Hilmi Prayuda, Makkah Al-Mukarromah
Sumber foto : Abi Hilmi Prayuda, Makkah Al-Mukarromah

Ibadah umroh merupakan ibadah yang dilakukan di Arab Saudi, tepatnya di kota Makkah. Selain kota Makkah, Madinah juga merupakan kota yang dikunjungi para jamaah karena banyaknya tempat bersejarah, tempat tinggal dan perjuangan Nabi Muhammad. Pelaksanaan ibadah umroh selalu membutuhkan berbagai persiapan mulai dari kecukupan materi, kekuatan mental dan pastinya fisik.


Persiapan umroh yang banyak tentunya akan lebih matang jika dibarengi dengan strategi yang baik. Melalui tips pada artikel ini yang bersumber langsung dari orang-orang yang sudah menjalani sekaligus memahami bagaimana perjalanan umroh, memudahkan para jamaah selama ibadah agar tetap sehat dan bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah umroh. Karena kesehatan menjadi kunci utama untuk siap melaksanakan berbagai rangkaian ibadah di rumah Allah ini dengan nyaman. Berikut beberapa tips-tips yang bisa diterapkan:


1. Membiasakan diri untuk jogging / jalan kaki

Sumber foto : Abi Hilmi Prayuda, Makkah Al-Mukarromah
Sumber foto : Abi Hilmi Prayuda, Makkah Al-Mukarromah

Pada pelaksanaan umroh, berjalan kaki sudah menjadi teman sejati kesana kemari baik saat di kota Mekkah maupun Madinah. Khususnya serangkaian kegiatan Umroh sendiri sudah pasti banyak berjalan kaki dengan total jarak lebih dari tiga kilometer. Walaupun memang banyak juga kendaraan disana seperti taksi, bis-bis, dan lainnya namun kendalanya terdapat beberapa tempat yang memang tidak bisa di jangkau dengan taksi.


Alangkah baiknya ketika jamaah sebelum umroh, 2 minggu sampai 1 bulan sebelumnya merutinkan olahraga seperti jogging atau jalan kaki setiap pagi atau sore. Karena dengan berolahraga imunitas tubuh akan meningkat dan menjaga diri agar tidak mudah kelelahan saat umroh, sehingga bisa maksimal dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah umroh tersebut. Dan tubuh selalu butuh waktu beradaptasi sampai akhirnya terbiasa. Jadi saat sudah melaksanakan ibadah umroh keadaan tubuh kita sudah pada ready mode.


Selain banyak berjalan ada satu faktor yang sangat berpengaruh yaitu kondisi cuaca yang sangat panas. Berjalan kaki dengan kondisi cuaca yang panas cepat memicu dehidrasi dan kelelahan, oleh karena itu berharap para jamaah untuk sedikit demi sedikit membiasakan terlebih dahulu untuk berolahraga walaupun sekedar berjalan kaki dengan rutin.


2. Pola Hidup Sehat

Helthy Lifestyle
Helthy Lifestyle

Selain rutin berolahraga, menjaga kesehatan dengan menjaga pola hidup lebih sehat. Bagi jamaah yang ingin berangkat ke tanah suci maka harus memerhatikan juga pola hidup yang sehat seperti istirahat yang cukup, tidak tidur larut malam, makan makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, susu dan yang lainnya. Agar tubuh selalu fit dan sehat ketika menjalankan ibadah umroh. Kalaupun sakit dan kelelahan imun tubuh akan membantu cepat memulihkan untuk segar kembali karena sudah menajalni pola hidup sehat jauh-jauh hari.


3. Persiapan Obat-Obatan

Picture
Picture

Tak kalah penting dengan dua poin di atas, mempersiapkan obat-obatan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi para jamaah umroh. Khususnya bagi jamaah umroh yang memiliki riwayat khusus penyakit tertentu dan jamaah umrah yang memang sudah tau jika kelelahan atau sewaktu-waktu sakitnya kambuh dengan obat-obatan yang sudah cocok dengan keadaan fisiknya sendiri. Sehingga memudahkan jamaah lain untuk membantu mengatasi ketika sakit. Meskipun disana juga banyak apotek atau rumah sakit namun lebih baik membawa obat pribadi yang sudah disiapkan dari rumah. Karena beberapa obat di Arab Saudi mungkin berbeda ketersediaanya dengan yang ada di Indonesia.


4. Banyak Istirahat dan Hindari Stres

Picture
Picture

Persiapan materi, kesehatan fisik dan perlengkapan yang sudah disiapkan jauh-jauh hari pun kurang rasanya jika persiapan mental belum dihadirkan secara utuh. Seringkali mempersiapkan keberangkatan umroh bersamaan dengan urusan-urusan pekerjaan dan urusan pribadi lainnya memicu setres dan ketakutan yang berlebihan, sehingga berpengaruh juga pada kesehatan. Yakinkan diri semua akan baik-baik saja, berjalan lancer dan percayakan semua kepada Allah karena tujuan yang baik berkunjung ke rumah-Nya. Insya Allah Bismillah wa Biidznillah, dengan travel yang tepat pastinya akan membantu membimbing dan mengarahkan tidak hanya kesiapan duniawi saja pun ukhrowi nya juga untuk lebih tenang menjalani ibadah umroh.


So .. Let’s prepare from our self and do the small things for handle and minimize the big problems later. Aamiin.


Untuk info lebih lanjut mengenai umroh silahkan hubungi :

Penulis : Abi Hilmi Prayuda

Whatsapp : 081283211276

15 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page