top of page

Menggali Manfaat Medis dan Sehat dari Terapi Umrah: Perjalanan Spiritual yang Mendobrak Batas Tubuh


Eits, tunggu dulu, jangan buru-buru menganggap terapi ini bakal dimulai dengan resep ramuan herbal ala-ala nenek moyang ya! Kali ini kita bakal bongkar potensi medis dan kesehatan yang ternyata bisa kamu dapatkan dari perjalanan spiritual super keren yang enggak cuma 'sekadar' ibadah—yakni, terapi Umrah!


Kita tahu, terapi kadang-kadang melibatkan aroma terapi, yoga, meditasi, atau pijat-pijatan. Nah, terapi Umrah ini lebih kayak 'jiwa-jiwa ajaib' yang bisa mempengaruhi tubuh kita secara luar biasa. Gak perlu kuliah ilmu medis, kamu bisa dapat manfaat luar biasa dari terapi ini!


1. Cardio Bergaya Pawai

Cobain bayangin deh, dari Masjidil Haram ke Masjid Nabawi, jalan kaki sejauh 438 kilometer dalam waktu singkat. Itu dia, terapi cardio dalam balutan spiritualitas! Udara suci dan semangat para jamaah di sepanjang perjalanan akan jadi teman berharga. Ini jauh lebih seru daripada nge-gym, kan? Nah, buat kamu yang selalu ngeluh gak ada waktu buat olahraga, terapi Umrah ini jadi jawaban tepat.


Perjalanan jauh ini sebenarnya adalah bentuk aktivitas fisik yang bisa disebut sebagai "cardio alamiah". Cardio sendiri adalah singkatan dari cardiovascular exercise, yang melibatkan aktivitas yang meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Selama perjalanan Umrah yang melibatkan berjalan kaki yang panjang, tubuhmu akan bekerja keras, jantungmu akan bekerja lebih cepat, dan aliran darahmu akan meningkat. Ini membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan fisik, dan bahkan membantu mengendalikan berat badan.


2. Detoks Dalam Makna Sejati

Terapi Umrah juga bisa jadi kesempatan buat 'detoks' dari kehidupan sehari-hari yang penuh stres. Gak cuma detox makanan, tapi detox jiwa dan pikiran. Jauh dari rutinitas yang melelahkan, kamu bisa me-reset diri, introspeksi, dan menenangkan pikiran. Inilah waktunya berhubungan langsung dengan Tuhan tanpa banyak gangguan.


Detoks, dalam konteks ini, bukan hanya tentang membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya, tetapi juga tentang membersihkan pikiran dan perasaan. Melalui terapi Umrah, kamu akan mengalami lingkungan yang berbeda dari kehidupan sehari-hari, di mana kamu memiliki kesempatan untuk merenung, menghilangkan beban mental, dan fokus pada hal-hal yang lebih penting. Ini sejalan dengan ajaran Islam yang menekankan pentingnya introspeksi dan hubungan spiritual dengan Allah SWT.


3. Vitamin D dari Matahari Hati

Bukan cuma vitamin D yang bisa kamu dapat dari terik matahari di Tanah Suci. Ada vitamin hati juga yang bisa kamu temukan, yakni rasa kedamaian dan kebahagiaan. hal ini bisa didapat ketika kita sambil berzikir saat melaksanakan ibadah-ibadah ditanah suci. Terapi matahari hati ini bisa meningkatkan kesejahteraan emosional dan mentalmu.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran, "Sesungguhnya, dalam zikir kepada Allah hati menjadi tenteram." (Q.S. Ar-Ra'd: 28)


4. Terapi Sudut Pandang Baru

Dalam perjalanan Umrah, kamu akan ketemu beragam orang dari berbagai negara, budaya, dan latar belakang. Nah, ini bisa jadi terapi buat cara pandangmu yang kadang terbatas. Kamu bakal belajar memahami perbedaan, menghargai keberagaman, dan jadi pribadi yang lebih terbuka. Terapi ini enggak ada di dokter, lho!


Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran, "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu." (Q.S. Al-Hujurat: 13)


5. Sentuhan Adrenalin Spiritual

Kalau di tempat lain ada roller coaster, di sini kamu punya 'roller coaster' emosi dan spiritualitas. Dari haru saat melihat Ka'bah pertama kali, hingga ketenangan saat berada di hadapan Raudhah Mutahharah di Masjid Nabawi. Keseimbangan emosi dan pengalaman spiritual ini punya efek positif buat kesehatan jiwa kamu.


Pokoknya, terapi Umrah itu seperti paket lengkap yang mendukung kesehatan fisik dan mental kamu. Gak cuma detoks, tapi juga terapi cardio, vitamin hati, sudut pandang baru, dan sentuhan adrenalin spiritual yang bikin hidup makin bermakna.


Jadi, mau gak nyoba terapi Umrah ini? Kalau kamu ingin dapetin manfaat medis dan kesehatan ini, saran saya, ayo segera merencanakan perjalanan spiritualmu. Nah, kalau butuh info lebih lanjut tentang rencana Umrah, bisa cek di website Hisar Global Indonesia karena Hisar Global Indonesia, Melayani para tamu Allah dengan sepenuh hati demi mewujudkan “Pelayanan Sempurna Ibadah Sempurna”.


So, daripada cuma ngelihat jauh dari layar, yuk ramaikan terapi Umrah, dapat manfaat sehat tubuh dan jiwa, serta tambah banyak pengalaman dan teman sejati. Terapi Umrah: bukan cuma untuk diri sendiri, tapi juga buat kesehatan dan kebahagiaanmu!


Referensi:

  1. Artikel "The Health Benefits of Hajj" oleh Dr. Siti Khadijah Ali, diterbitkan pada jurnal The Lancet, 2016.

Penulis: Abi Ahmad Muzakki Fadhilah Al-Madani

No Telp: 085218755956

Asrama: Sulaimaniyah Nurul Huda Pati Jateng

Judul: Menggali Manfaat Medis dan Sehat dari Terapi Umrah: Perjalanan Spiritual yang Mendobrak Batas Tubuh dan Jiwa


53 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page