top of page

MERASA YAKIN BISA KE BAITULLAH DALAM KONDISI APAPUN


Hidup adalah pilihan dan pilihan pasti akan jatuh kepada yang terbaik. Karena Allah Swt mencintai yang terbaik. Allah Swt Maha Baik dan pasti mencintai yang terbaik dari hambaNya, seperti yang disampaikan oleh Rasulullah Saw dalam haditsNya ; إنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إلَّا طَيِّبًا , “Sesungguhnya Allah Maha Baik dan hanya menerima yang terbaik” (HR. Muslim).

Sebagai hamba Allah Swt kita harus mempersembahkan yang terbaik. Salah bukti bahwa kita mencintai Allah Swt adalah mempersembahan dan memberikan yang terbaik untuk Allah Swt dengan Ibadah. Dan salah satu bentuk Ibadah tersebut adalah menunaikan Ibadah Umroh, dengan mengunjungi Tanah Allah Swt yang Suci yaitu Mekkah dan Madinah. Di Mekkah kita beribadah Umroh dan di Madinah kita mengunjungi Makam Rasulullah Saw, Para Sahabat dan orang-orang yang dicintai oleh Rasulullah Saw. Maka mendatangkan Tanah Suci di hati kita bukan hanya visualisasi saja, tapi kita bersama hadir disana dengan mengenakan pakaian Ihramnya. Kita bisa membayangkan dan menanamkan itu semua dalam hati, karena Allah Swt berfirman dalam salah satu Hadits Qudsi ; أَناَ عِندَ ظَنِّ عَبْدِي بِي , “Aku mengikuti prasangka hambaKu”. Apabila hamba-hamba Allah Swt yakin akan berangkat menuju ke Tanah Suci, niscaya Allah Swt pasti akan berangkatkan dengan kekuatan dan kekuasaan Allah Swt. Oleh karena itu ‘don’t worry be happy’ kita tidak perlu khawatir, karena Allah Swt Maha Kaya dan Maha Kuasa bisa memberangkatkan Umroh siapapun tanpa menunggu kaya dan kesempatan

Yang penting kita mempunyai 3 hal ini ; niat yang kuat, berusaha untuk bisa berangkat ke Tanah Suci dan berdo’a. Kita perhatikan penyampaian Rasululullah Saw dalam salah satu haditsNya ; لَا يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ , “Tidak ada yang bisa mengubah takdir kecuali do’a” (HR. At-Tirmidzi). Allah Swt sangat menyukai dan mencintai seorang hamba yang berdo’a serta meminta kepadaNya. Bahkan ketika hambaNya bangun tengah malam, kemudian dia sungguh-sungguh berdo’a dalam ruku dan sujudnya di sepertiga malam terakhir. Maka Allah Swt akan turun ke langit bumi dan menyampaikan kabar gembira kepada hambaNya, seperti yang tertuang dalam sebuah hadits Rasulullah Saw ; إِنْ سَأَلْتَنِيْ أَعْطَيْتُكَ وَإِنْ دَعَوْتَنِيْ أجِبْتُكَ وَإِنْ مَرِضْتَ شَفَيْتُكَ وَإِنْ سَلِمْتَ رَزَقْتُكَ , “Jika kau meminta kepadaku Aku berikan, jika kau berdo’a Aku kabulkan, jika kau sakit Aku sembuhkan dan jika kau berserah diri maka Aku akan kirim rezeki kepadamu” (HR. Ad-Dailami).


InsyaAllah salah satu rezeki tersebut adalah diberangkatkan Umroh ke Tanah Suci yang Allah Swt muliakan. Jadi jangan pernah kita merasa miskin dan tidak punya. Karena kekayaan, harta dan Tanah Suci adalah milik Allah Swt. Dan Allah Swt bisa memberangkatkan siapapun dan dimanapun hambaNya yang Dia kehendaki. Maka kita harus benar-benar menanamkan niat yang kuat, usaha yang maksimal dan do’a yang tidak pernah lelah. Karena dengan do’a tersebut Allah Swt berfirman dalam penggalan ayat ; أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ , “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepadaKu” (QS. Al-Baqarah:186). Oleh karena itu kita harus terus berdo’a dan memasang do’a kita tanpa lelah, maka Allah Swt akan mengabulkan do’a kita. Dan terakhir setelah menanamkan hal itu semua, kita harus bertawakkal kepada Allah Swt. Karena Allah Swt berfirman dalam penggalan ayat ; وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ , “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah Swt, niscaya Allah Swt akan mencukupkan keperluannya” (QS. At-Talaq:3).


Jadi apabila setelah kita menanamkan niat yang kuat, usaha yang maksimal dan do’a yang tiada lelah, kemudian kita berserah diri total kepada Allah Swt, insyaAllah Allah Swt akan memenuhi segala urusan kita. Oleh karena itu mari kita berniat yang kuat, berikhtiar, berdo’a dan serahkan semua kepada Allah Swt, niscaya Allah Swt pasti akan mengundang kita seraya berkata ; “Selamat datang hambaKu, silahkan berangkat dan Aku menunggumu di Tanah SuciKu”.

Wallahu a’lam bisshowab.


Untuk info lebih lanjut mengenai umroh silahkan hubungi :

Penulis : Abi Muzaki Alfauzi Dimyati (Koordinator PT. Hisar Global Indonesia Wilayah Sumatera)

Whatsapp : 0812-6512-2992 / 0811-6813-222

Judul : MERASA YAKIN BISA KE BAITULLAH DALAM KONDISI APAPUN

27 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page