top of page

Waktu Terbaik untuk Pergi Umroh




Bisa melaksanakan ibadah umroh tentu menjadi anugerah bagi setiap muslim, karena waktu tersebut merupakan kesempatan terbaik untuk mendekatkan diri pada Allah SWT agar mendapat berkah dan pahala. Namun tahukah Anda, bahwa ada waktu terbaik umroh sehingga sangat direkomendasikan memilih waktu tersebut saat akan ke tanah suci. 

 

Meskipun ibadah umroh bisa dilaksanakan kapan saja, akan tetapi pemilihan waktu yang tepat untuk melaksanakan umroh bisa membuat Anda mendapatkan pengalaman beribadah yang lebih istimewa. Ada beberapa faktor pendukung dalam penentuan waktu umroh seperti cuaca dan kepadatan jamaah. 

 

Berikut ini adalah rekomendasi waktu terbaik umroh yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. 

 

1. Bulan Suci Ramadhan

Umroh di bulan suci Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, karena Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan ibadah umroh di bulan tersebut.

 

Maka tak heran jika bulan suci Ramadhan tiba, kota suci Mekkah akan dipadati oleh jamaah umroh. Jadi jika Anda ingin beribadah umroh di bulan suci, maka disarankan untuk mendaftar umroh sejak jauh-jauh hari. Selain jamaah yang jumlahnya membludak, di bulan suci biasanya tiket pesawat dan hotel harganya akan naik karena tingginya peminat. 

 

2. Bulan Maret dan April

Antara bulan Maret sampai April merupakan waktu terbaik umroh, karena di negara Arab Saudi bulan-bulan tersebut adalah awal musim panas. Perlu Anda ketahui bahwa negara Arab memiliki musim panas dan musim dingin yang jauh lebih ekstrim dibanding musim di Indonesia. 

 

Saat musim panas yaitu antara bulan Juni sampai Agustus, suhu tertingginya bisa mencapai 45 derajat celcius. Oleh karena itu berangkatlah umroh di awal musim, supaya tidak terlalu terasa panas. Di bulan Maret sampai bulan April cuaca di negara Arab tidak terlalu panas atau terlalu dingin. 

 

3. Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Sebelum dan sesudah musim haji atau bulan muharram dan bulan syawal, kota suci Mekkah cukup lenggang karena para jamaah haji akan terpusat pada bulan Dzulhijjah. Waktu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin beribadah umroh dengan tenang dan leluasa. 

 

Kondisi yang lenggang tersebut tentu membuat ibadah menjadi lebih khusyuk, sehingga Anda bisa menikmati rukun demi rukun dan tahapan demi tahapan. Selain itu kesempatan untuk berdoa di tempat-tempat Mustajab seperti Hijir Ismail dan Maqam Ibrahim menjadi lebih mudah karena tidak terlalu sesak. 

 

4. Akhir Tahun Bulan Desember

Waktu terbaik umroh berikutnya yaitu pada akhir tahun, bulan Desember atau di awal Januari, karena bulan-bulan tersebut negara Arab memasuki awal musim dingin. Karena cuaca pada bulan Desember dan Januari awal, hampir sama dengan cuaca di Indonesia maka Anda bisa lebih mudah beradaptasi. 

 

Disamping cuacanya yang bagus, bulan Desember dan awal Januari merupakan waktu libur sekolah dan kantor sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan ibadah umroh bersama keluarga. Selain beribadah, tentu saja Anda bisa mengajak anak-anak untuk mengenal tempat-tempat istimewa bagi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

 

Kondisi iklim yang mendukung, tentu akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat melaksanakan ibadah umroh. Jadi pilihlah waktu terbaik umroh untuk mendapatkan kenyamanan dalam beribadah di samping mendapat keberkahan dan pahala yang besar dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.



Editor : Abi Muzaky Dimyati

Whatsapp : 081265122992

Judul : Waktu Terbaik untuk Pergi Umroh

45 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page