top of page

BEBERAPA KEISTIMEWAAN IBADAH UMROH


Ibadah Umroh menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan melaksanakan Ibadah Haji. Meski bukan yang utama, Ibadah Umroh tidak kalah istimewanya dengan Ibadah Haji. Berikut beberapa keistimewaan dari Ibadah Umroh;

1. Antara Umroh yang satu dan Umroh berikutnya adalah penghapus dosa. Allah SWT akan menghapus dosa-dosa kita di antara pelaksanaan Umroh yang satu dengan Umroh berikutnya. Hal ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA: “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya adalah penghapus dosa.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Umroh adalah jihad bagi para wanita dan orang yang lemah. Di zaman Rasulullah SAW umumnya kaum wanita dan mereka yang lemah fisik tidak bisa ikut berjihad atau berperang. Namun mereka masih mendapatkan fadillah pahala jihad dengan cara melaksanakan ibadah Umroh. Hal ini diungkapkan oleh Rasulullah SAW kepada Aisyah RA. “Aisyah RA berkata, ‘Wahai Rasulullah SAW, apakah perempuan juga wajib berjihad?’. Rasulullah SAW menjawab: ‘Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh.” (HR Ibnu Majah).

3. Jamaah Umroh adalah tamu Allah yang doanya makbul Ibadah Umroh menjadi istimewa karena orang yang datang ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah tersebut adalah tamu Allah SWT. Jamaah Umroh adalah tamu undangan Allah SWT sehingga apa yang diminta oleh tamu akan dikabulkan oleh-Nya. Ini adalah bentuk kemuliaan yang paling istimewa.

4. Orang yang meninggal saat menjalankan ibadah Umroh pahalanya dicatat sampai hari kiamat. Keutamaan orang yang wafat dalam perjalanan untuk melaksanakan ibadah Umroh, dan yang wafat dalam keadaan berihram adalah mendapatkan karunia yaitu pahalanya dicatat sampai hari kiamat.

5. Ibadah Umroh bisa menghilangkan kefakiran. Salah satu fadillah ibadah Umroh adalah dapat menghilangkan kefakiran. Hal ini selaras dengan hadits yang diriwayatkan dari Abdullah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Ikutkanlah Umroh kepada Haji, karena keduanya dapat menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa layaknya api yang menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak.” (HR An Nasai, Tirmidzi, Ahmad).

6. Selama Umroh bisa mendapatkan pahala sholat hingga 100.000 kali. Rasulullah SAW bersabda : “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama seribu kali lipat (dibandingkan) shalat di tempat lainnya kecuali Masjidil Haram. Dan shalat di Masjidil Haram lebih utama Seratus Ribu kali lipat (dibandingkan) shalat di tempat lain.“ (HR. Bukhori dan Muslim).

7. Umroh di bulan Ramadhan ganjarannya setara dengan Haji bersama Rasulullah SAW. Dari Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda “Melakukan satu Umroh di dalam bulan Ramadhan adalah sama ganjarannya dengan haji yang dilakukan bersamaku.” “Umroh di bulan Ramadhan itu bagaikan haji bersamaku (Nabi SAW).” (Shahih; Shahih Al-Jami’ hadits no. 4098).


Untuk info lebih lanjut mengenai umroh silahkan hubungi :

Penulis : Abi Muzaky (PT. Hisar Global Indonesia Wilayah Sumatera)

Whatsapp : 0812-6512-2992 / 0811-6813-222


77 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page